Senin, 22 September 2008

Kunjungan ke Candi

Semester gasal tahun lalu, tepatnya Minggu, akhir Desember 2007, Mahasiswa Pengkajian Seni 2007 Pascasarjana ISI Yogyakarta mengikuti Kuliah Lapangan ke candi-Candi di Yogyakarta, seperti candi Prambanan, Plaosan, Sari, Kalasan dsb bersama Prof Sudarso Sp, MA, Dosen MK Sejarah Seni. Peserta kuliah : Saya sendiri, Anang, Nofrial, Yuli, Yeni, Pak arief, Pak Gunawan, Pak Harjaka dan pak Made Jana.
Kunjungan ini sama sekali tidak seperti piknik, karena kami betul2 kuliah di lapangan, mendengarkan ceramah beliau yang begitu lama dan panjang lebar tentang candi, mencatat semuanya, bertanya dan ditanya. Temanku Pak Gunawan sampai capek mencatat sehingga ia terpaksa merekam ceramah beliau dengan hpnya. Sialnya, sampai habis memori hp pak Gun ternyata Prof darso masih belum selesai bercerita .
Wawasan Prof Darso tentang candi beserta sejarah dan selukbeluknya betul2 luar biasa. Beliau bagaikan ensiklopedia hidup yang sangat langka dan sulit dicari gantinya. Hal inilah yang kadang ada yang tidak mau mengakuinya, terutama yang tidak suka pada beliau. Akan tetapi saya pribadi sangat mengagumi beliau atas dedikasinya mengajar, dan kedisiplinan beliau, meski banyak yang menilai beliau sadis, keras dan kejam . Akan tetapi dampak dari semua itu sangat kami rasakan sebagai motivasi yang positif. Pantas beliau barusaja mendapatkan anugerah Life Time Achievement untuk Dedikasi beliau pada pendidikan. Bravo Pak Darso. All of us very grateful to you. Thanks for all good things that you've given to us.
Tepat satu tahun setelah ini, prof darso wafat. kami sangat kehilangan...

Tidak ada komentar: